Jepang Buang Air Radioaktif ke Laut

sumber : kompas.com

5 April 2011

Pemerintah Jepang membuang lebih dari 10.000 ton air yang terkontaminasi radiasi dalam level rendah ke Samudra Pasifik, Senin (4/4). Hal ini dilakukan untuk menstabilkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi yang bermasalah.

Pemerintah Jepang bersama Tokyo Electric Power Company (Tepco), operator PLTN, selama ini berjuang mencegah kebocoran radiasi dengan menyiramkan ribuan ton air untuk mendinginkan teras reaktor yang terlalu panas. Upaya ini membuat air yang disiramkan berubah menjadi sangat radioaktif.

Limpahan air dengan radioaktivitas tinggi ini menghalangi petugas mereparasi reaktor, bahkan telah bocor ke tanah dan laut. Karena itu, Tepco harus mengosongkan kolam penampung yang berisi air dengan radioaktivitas rendah untuk menampung limpahan air yang sangat radioaktif tersebut.

Tepco meyakinkan, pembuangan air yang jumlahnya cukup untuk memenuhi empat kolam renang ukuran olimpiade itu tak sampai membahayakan kehidupan di laut. Tingkat radiasi air yang dibuang ke laut tercatat sekitar 500 kali batas normal.

Saat mengumumkan pembuangan itu, juru bicara Tepco meminta maaf kepada rakyat Jepang. ”Kami telah menyebabkan kesulitan yang besar bagi warga setempat. Kami tidak dapat mengungkapkan betapa kami sangat menyesal melakukan hal ini,” katanya.

Sekretaris Kabinet yang berperan sebagai juru bicara Pemerintah Jepang, Yukio Edano, menambahkan, ”Kami tak punya pilihan selain membuang air terkontaminasi radioaktif ke laut sebagai langkah pengamanan.”