Samudera Pasifik Hangatkan Antartika

sumber : mediaindonesia.com

12 April 2011

Menghangatnya benua Antartika diyakini merupakan dampak langsung dari meningkatnya suhu di Samudera Pasific. Naiknya suhu air di Samudera Pasifik terutama yang berada di dekat garis khatulistiwa menyebabkan meningkatnya hawa panas yang naik ke atmosfer.

Gelombang hangat ini kemudian terbawa hingga ke kawasan barat Antartika selama musim dingin dan semi. Hal inilah membuat suhu di Antartika ikut meningkat dan membuat es yang ada berisiko makin cepat mencair.

Kondisi ini makin mengkhawatirkan terkait makin menipisnya lapisan es di benua tersebut. Dalam 30 tahun terakhir, suhu di kawasan barat Antartika terus meningkat dan menyebabkan makin menipisnya lapisan es di kawasan tersebut.

Kesimpulan ini didapat dari penelitian yang dilakukan Eric Steig dari Universitas Washington. Bersama koleganya, Eric menggunakan satelit. Ia juga mengamati suhu permukaan es Antartika dan Samudera Pasifik. Hasilnya, terdapat hubungan yang erat antara suhu di Samudera Pasifik dan permukaan Antartika. (livescience/OL-04)