Kualitas Udara Dumai Memburuk

sumber : mediaindonesia.com

11 Mei 2011

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai, Riau, menyatakan kualitas udara pada Rabu pagi memburuk akibat tebaran kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan yang cukup tebal.

“Menurut pandangan dan analisa kasat mata, kualitas udara Rabu pagi ini berada di atas 100 polutan standar indeks (PSI), yang artinya sedang. Kondisi ini cukup membahayakan kesehatan manusia,” kata Kepala Dinkes Kota Dumai, Marjoko Santoso, di Dumai, Rabu (11/5). Kondisi sedang itu, katanya, sedikit memburuk daripada hari-hari sebelumnya yang masih dinyatakan normal di angka 30-36 PSI.

“Kami memang belum menerima hasil deteksi kualitas udara pagi ini. Namun, secara kasat mata, papan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) pagi ini dipastikan akan menunjukkan angka di atas 100 PSI,” katanya.

Penurunan kualitas udara, katanya, diperkirakan masih terjadi pada jam-jam tertentu mulai malam hari, sekitar pukul 21.00 WIB, hingga pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB.

“Bagi masyarakat yang ingin beraktivitas malam dan pagi hari, sebaiknya menggunakan masker. Walau kualitas udara masih sedang dan belum terlalu membahayakan, ada baiknya berantisipasi,” katanya. (Ant/OL-11)