Aktivis Tolak Perusahaan yang Mencemari Lingkungan Tuban

sumber : mediaindonesia.com

24 Mei 2011

Puluhan mahasiswa aktivis lingkungan menggelar unjuk rasa di Mapolres dan gedung DPRD Tuban, Jatim Senin (23/5) siang.

Mereka menolak sejumlah perusahaan yang selama ini beroperasi dengan melakukan kejahatan lingkungan di wilayahnya.

Mulanya, sejumlah aktivis mahasiswa ini mengawalli aksinya di Mapolres Tuban. Dalam aksinya kali ini, mereka sempat bersitegang dengan Wakapolres Tuban Komisaris Kuwadi.

Sebab, demonstran dipaksa melepas semua atribut saat akan masuk ke kompleks Mapolres Tuban.

Namun, setelah beberapa saat berunding, merekapun akhirnya diperbolehkan masuk untuk menyampaikan aspirasinya.

“Kami menolak investor nakal yang ada di Tuban. Perusahaan-perusahaan yang telah beroperasi di Tuban selama ini sudah banyak sekali melakukan kejahatan lingkungan dan kurang peduli terhadap masyarakat sekitar,” tegas Koordinator aksi, Attoillah dalam orasinya, Senin (23/5) siang.

Usai Berdialog dengan pihak kepolisian, massa kemudian berpindah ke Gedung DPRD Tuban di Jl Teuku Umar. Di sana, mereka hanya sempat beberapa saat berorasi di halaman gedung, langsung diterima oleh Komisi C di ruang lantai dua.

“Dewan pasti sudah tahu tentang semua pelanggaran yang ada. Tapi, kami kurang tahu lagi kalau semua pura-pura tidak tahu atas permasalahan ini,” ujar Sofa, salah satu pendemo di hadapan para anggota dewan.

Menanggapi itu, wakil ketua Komisi C DPRD Tuban Mukammad Musa menyatakan, pihaknya sangat mendukung upaya para mahasiswa untuk menolak investor nakal yang ada di Tuban.

“Kita sangat mendukung. Dan kami akan mengkaji keberadaan perusahaan-perusahaan yang diduga telah melakukan pelanggaran seperti yang disampaikan tadi,” jawabnya.

Tidak puas dengan jawaban itu, puluhan mahasiswa ini selanjutnya membubarkan diri dengan kawalan ketat aparat kepolisian setempat