Puncak Musim Kemarau Juli-Agustus

sumber : mediaindonesia.com

26 Mei 2011

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau bakal terjadi pada Juli-Agustus 2011.

“Sejumlah daerah mulai memasuki musim kemarau pada April dan Mei mendatang tetapi puncaknya pada Juli-Agustus,” kata Kepala BMKG Sri Woro B Harijono, Rabu (25/5) petang lalu.

Sejatinya musim kemarau di wilayah nusantara bakal dimulai pada Juni mendatang. Bahkan, di beberapa wilayah Indonesia, pada April-Mei saat ini musim kemarau telah dimulai. Namun, lantaran masih kerap dilanda hujan, kemarau pada bulan ini disebut kemarau basah.

Dirinya menjelaskan, perhitungan statistik maupun pertimbangan dinamika atmosfer dan laut global maupun regional memberikan indikasi bahwa prakiraan awal musim kemarau sebagian besar daerah lebih lambat dari rata-rata. Perbandingan awal musim kemarau 2011 dengan periode 1971-2000 sebagian besar mengalami kemunduran, yaitu pada 156 Zom atau mencapai 70%.

Ditambahkan, prakiraan pada April hingga Agustus 2011, suhu permukaan laut di sebagian besar wilayah Indonesia masih menunjukkan cenderung netral atau kondisi normal, berarti sedikit ada tambahan massa uap air utamanya di Indonesia bagian timur.