Penerima Kalpataru Lestarikan 475 Ribu Hektare Hutan

sumber : mediaindonesia.com

8 Juni 2011

Selama 31 tahun pelaksanaan program penghargaan Kalpataru, 245 orang penerima penghargaan bidang lingkungan ini telah berkontribusi melestarikan hutan seluas 475 ribu hektare.

“Dari 275 peraih Kalpataru, 245 diantaranya secara nyata sudah berkontribusi melestarikan hutan seluas 475 ribu hektare,” kata Deputi VI Menteri Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ilyas Asaad di Jakarta, Selasa (7/6).

Tahun ini, penghargaan Kalpataru diberikan untuk empat kategori yaitu perintis lingkungan yang diperoleh Sugiarto dari Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi Pasuruan Jawa Timur, Marmis Asid dari Jorong Harapan, Nagari Sinuruik kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat dan Lulut Sri Yuliani dari Kelurahan Kedunga Baruk, Kecamatan Rungkut Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Untuk Kategori Pengabdi Lingkungan diberikan kepada Soleman Ngongo dari Desa Tema Tana, Kecamatan Wewena Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Surjadi dari Desa Bebalang, Kecamatan Bangli, Bali serta Sudarli dari Desa Purwodadi, Yogyakarta. Kategori Penyelamat Lingkungan yaitu untuk Kelompok Nelayan Pesisir Karya Segara Serangan Bali, Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok Barat Nusa Tenggara Barat dan Yayasan Pelopor Sehati Kabupaten Kampar Riau. Kategori Pembina Lingkungan kepada Haji Aang Hamid Suganda Bupati Kuningan dan Krido Suprayitno Camat Berbah Yogyakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Selain itu juga diberikan Anugerah Adipura kepada 63 kabupaten/kota dan penghargaan Adiwiyata Mandiri untuk 21 sekolah peduli lingkungan. Menurut Ilyas, sebagian besar peraih Kalpataru berkaitan dengan pengelolaan hutan