Hutan Sumbar Terbaik di Sumatera

sumber : antaranews.com

13 Juni 2011

Pasaman (ANTARA News) – Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan, memberikan apresiasi kepada Sumatera Barat (Sumbar) karena kondisi hutan di daerah tersebut terbaik di Sumatera karena minim dari kerusakan.

“Wilayah hutan Sumbar terbaik di Sumatera karena masih sedikit terjadi kerusakan. Masyarakat memiliki kesadaran yang baik dalam melestarikan lingkungan,” kata Zulkifli Hasan di Pasaman Sumatera Barat, Senin, usai membuka rapat koordinasi Pemerintah Provinsi dengan Bupati/Walikota se-Sumbar.

Penilaian tersebut disampaikan Zulkifli setelah melakukan pengamatan dari udara melalui helikopter dalam perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau Padang menuju Kabupaten Pasaman.

Ia mengatakan, hutan Sumbar sangat indah karena dikelilingi bukit barisan dan merupakan hutan alam yang terjaga dengan baik.

“Berdasarkan pengamatan dari udara belum ditemukan banyak kerusakan dan hanya dibeberapa titik saja terlihat ada penebangan,” ujarnya.

Dikatakannya, selain kondisi hutan yang masih terjaga budaya menanam masyarakat Sumbar juga tinggi tidak kalah dengan masyarakat yang berada di Pulau Jawa.

“Hal ini perlu dijaga oleh pemerintah setempat dan masyarakat karena hutan merupakan aset yang sangat strategis, ” katanya.

Ia menyebutkan, pada 1999-2002 laju deforestasi ( kerusakan hutan) secara nasional mencapai empat juta hektare / tahun.

“Pada tahun 2011 angka tersebut berhasil ditekan dan tinggal 600 ribu hektare angka deforestasi saat ini,” katanya.

Ditambahkannya, pemerintah saat ini tengah memprogram penanaman 1,3 miliar bibit pohon di seluruh daerah di Tanah Air untuk mengembalikan fungsi hutan.