28 Ribu Ha Hutan Lindung Beralih Fungsi

sumber : mediaindonesia.com

selasa 12 Juli 2011

PASAMAN–MICOM: Sedikitnya 28 ribu hektare hutan lindung di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan dialihfungsikan atau diturunkan statusnya menjadi hutan produksi dan areal penggunaan lain pada 2011.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasaman M Saleh, di Pasaman, Senin (11/7), mengatakan, pengalihan status hutan tersebut bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat.

Selain itu, menurut dia alih fungsi juga untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi-potensi yang belum dapat dikelola akan dapat diolah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui penanaman modal oleh investor,” katanya.

Surat izin dari Kementerian Kehutanan untuk pembebasan hutan tersebut belum diterima oleh Bupati Pasaman Benny Utama.

“Kami masih menunggu kedatangan surat tersebut,” katanya.

Dijelaskan, guna mendukung program tersebut, Pemerintah Kabupaten Pasaman bersama DPRD telah membuat dan mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Pasaman.

Perda itu, menurut dia, telah diajukan ke Gubernur Sumatra Barat untuk diperiksa. Pemprov Sumbar akan mempelajari Perda yang diajukan agar tidak terjadi kesalahan dalam upaya ini.

Menurut dia, pengalihan status hutan lindung tersebut akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Pasaman di masa yang akan datang.

“Lapangan kerja akan terbuka, barang dan jasa akan laris dan ekonomi masyarakat akan bertambah maju,” kata Saleh. (Ant/OL-10)