Sports Racing Sosok Lainnya Bantuan Asing dalam Penangganan Kebakaran Hutan Ditinjau Ulang

sumber : mediaindonesia.com

15 Juli 2011

PONTIANAK–MICOM: Pemerintah segera meninjau ulang berbagai kerja sama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan asing.

Kerja sama dalam bentuk bantuan teknis dan pendanaan itu selama ini sering dipolitisasi serta dijadikan alat untuk mendikte Indonesia.

Keputusan itu merupakan salah satu butir rekomendasi Rapat Koordinasi Terpadu Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (15/7). Rapat dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono.

“Kerja sama itu tidak banyak memberikan kontribusi, tetapi dijadikan jualan (propaganda) seolah-olah mereka yang paling berjasa,” kata Menko Kesra saat membacakan rekomendasi.

Menurutnya, wacana peninjauan ulang tersebut kerap muncul dalam setiap rapat koordinasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, pemerintah segera memperbarui metode dan sistem kerja sama dengan negara asing itu. “Bukan berarti kita menolak niat baik mereka, tetapi (sistemnya) harus diperbaiki agar lebih efektif,” tegas Agung. (AR/OL-01)