Enam Helikopter Disiapkan untuk Kendalikan Kebakaran Hutan

sumber : mediaindonesia

22 Juli 2011

PEKANBARU–MICOM: Kementrian Kehutanan akan menyediakan enam helikopter untuk mengantisipasi dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan seusai mengikuti rapat koordinasi terpadu daerah untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau mengatakan pengadaan helikopter tersebut akan dibiayai APBN tahun ini.

“Insyaallah tahun depan baru diserahkan kepada daerah untuk tujuan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Riau pastinya akan kebagian satu heli,” kata Zulkfili di Pekanbaru, Riau, Jumat, (22/7).

Selain Menhut, rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono tersebut juga dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, dan Gubernur Riau Rusli Zainal. Sejumlah bupati dan wali kota di Riau juga tampak hadir pada rapat tersebut.

Menurut Zulkifli, Riau mendapat satu helikopter karena kebakaran hutan terluas terjadi di daerah itu. “Tingkat kebakaran kawasan hutannya lebih dari 20 persen. Persentase ini lebih tinggi dari pada provinsi lain yang hanya sekitar 18 persen hingga 19 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Rusli Zainal mengatakan sudah lama pihaknya mengharapkan bantuan helikopter dari pemerintah pusat. Helikopter sangat penting untuk mendeteksi dan memastikan lokasi kebakaran secara cepat. (BG/OL-01)