Menteri LH Tanam Mangrove di Tangerang

sumber : antaranews.com

25 Juli 2011

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta menanam mangrove di kampung Harapan, Desa Tanjung Pasir, Tangerang, Senin, dalam rangka meresmikan Program Aksi Rehabilitasi Pantau Entaskan Masyarakat Setempat (Rantai Emas).

Penanaman mangrove juga dilakukan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar serta ibu-ibu dari Solidaritas Istri Kabinet Indonesia bersatu (SIKIB).

“Peran mangrove sangat penting sekali, misalnya untuk menahan ombak mencegah abrasi pantai. Mangrove juga menjadi habitat ikan dan udang karena itu perlu kita pulihkan kembali,” kata Gusti.

Kementerian Lingkungan Hidup melakukan rehabilitasi hutan mangrove di 13 titik antara lain di Tangerang, Pontianak, Bali dan Sumatera Utara.

Di Desa Tanjung Pesisir, Tangerang, rehabilitasi hutan mangrove dilakukan oleh kaum perempuan setempat mulai dari pembibitan hingga menanam.

“Saya kagum juga disini ibu-ibu yang aktiv,” ujar Gusti Muhammad Hatta seraya menambahkan partispasi masyarakat dalam merehabilitasi hutan mangrove sangat penting.

Dikatakannya, keberhasilan tumbuhnya mangrove tergantung pada partisipasi masyarakat, jika hanya pemerintah datang dan memberikan bibit tanpa ada partisipasi warga maka akan sulit berhasil.

Program Rantai Emas baru dimulai di Tangerang bekerja sama dengan berbagai kementerian tekait.

Di kawasan tersebut sebagian besar sudah tidak ditumbuhi lagi mangrove begitu juga dengan terumbu karang.

Kementerian Lingkungan Hidup memprioritaskan pemulihan ekosistem pesisir di daerah-daerah yang memang kondisi kawasan pesisirnya krisis, salah satunya di Muncar, Banyuwangi yang merupakakan daerah nelayan.

Di Muncar, Kementerian Lingkungan Hidup memberi bantuan untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan sambil menanam mangrove.
(D016)

Editor: Ella Syafputri