50 Persen Hutan di Indonesia Rusak

sumber : mediaindonesia

18 Agustus 2011

JAKARTA–MICOM: Kondisi hutan di Indonesia kritis. Luas hutan rusak hingga saat ini mencapai 50% atau 65 juta hektare dari total 130 juta hektare.

Sementara laju kerusakan hutan mencapai lebih dari 1,08 juta hektare per tahun.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, kerusakan hutan ini menyebabkan kondisi hutan Indonesia kritis. Luas hutan di Indonesia menyusut setiap tahun.

”Memang saya kategorikan hutan Indonesia dalam keadaan kritis, karena puluhan tahun menjadi andalan untuk pendapatan bagi negara. Apalagi terjadi gerakan eksploitasi, konversi alih fungsi terutama pada tahun 1998-2002,” ujarnya usai acara konservasi alam “Wana Lestari” di Jakarta, Kamis (18/8).

Dia menjelaskan, jika ditelaah lebih lanjut, kerusakan hutan saat ini lebih banyak dikarenakan ekspolitasi. Selain itu, kerusakan hutan juga diakibatkan oleh konversi lahan yang berubah menjadi perkebunan dan areal pertambangan yang tidak lagi melihat daya lingkungan.

“Pemerintah akan melakukan rehabilitasi kawasan hutan kritis ini melalui reboisasi. Kita punya anggaran Rp2,5 triliun-Rp3 triliun tahun ini. Nah ini yang sedang kita tata.” (*/OL-9)