Inggris bantu program atasi perubahan iklim

sumber : antaranews.com

21 Agustus 2011

Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah Inggris memberikan komitmen kepada Indonesia dalam program mengatasi perubahan iklim sebesar 50 juta poundsterling untuk periode 2011-2015.

Keterangan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) yang diperoleh di Jakarta, Minggu, menyebutkan, komitmen tersebut ditujukan untuk beberapa proyek yang mayoritas sudah berjalan sejak 2008.

Komitmen Pemerintah Inggris dalam masalah lingkungan di Indonesia juga ditunjukkan dengan pembentukan United Kingdom Climate Change Unit (UKCCU). Unit ini dibentuk untuk mendukung pembangunan yang ramah lingkungan di Indonesia.

UKCCU menjadi lambang atas pengakuan Pemerintah Inggris terhadap pentingnya posisi Indonesia di dalam mencapai tujuan-tujuan global Inggris yang terkait dengan perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi, dan pengentasan kemiskinan.

“Di antara prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014, ketahanan pangan, energi, dan lingkungan yang menjadi program lintas sektor adalah perubahan iklim. Sejak 2008, komitmen terkait perubahan iklim sudah digagas dalam Bali Action Plan, yaitu program penurunan emisi karbon,” sebut Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas, Endah Murniningtyas.

Kementerian PPN/Bappenas dan UKCCU telah menggelar pertemuan bilateral di Gedung Bappenas Jakarta pada Senin (15/8).

Endah berharap, dengan target-target tersebut dan penerapan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan serta rendah karbon, Indonesia akan memperoleh dampak positif dengan terjadinya penurunan emisi gas rumah kaca. Hal ini juga akan mendorong negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama serta mendapatkan dampak yang positif dalam negosiasi internasional.

Sementara itu Kepala UKCCU, Gerard Howe, menyatakan bahwa untuk 2011-2015 komitmen pemerintah Inggris untuk Indonesia dalam program perubahan iklim sebesar 50 juta poundsterling yang terdiri dari beberapa proyek yang mayoritas sudah berjalan sejak 2008. Fokus UKCCU di Indonesia adalah perubahan penggunaan lahan dan hutan, pengembangan karbon rendah, serta negosiasi iklim internasional.

“Pemerintah Inggris memberikan dukungannya kepada Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) sejak 2009 dan ada tiga program baru ICCTF yang didukung UKCCU yaitu manajemen penggemburan tanah yang berkelanjutan oleh Kementerian Pertanian, pelestarian energi oleh Kementerian Perindustrian, serta kepedulian masyarakat, pelatihan, dan pendidikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” kata Howe.
(T.A039/A023)

Editor: Ruslan Burhani