Seribu hektar lahan sawit terbakar

Sumber : antara
5 September 2011

Jambi (ANTARA News) – Sekitar seribu hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi terbakar. Petugas Dinas kehutanan setempat masih melakukan pemadaman api dilokasi kejadian.

Kapolres Tanjung Jabung Timur, AKBP Budi Wasono di Jambi, Senin mengatakan, petugas sedang berada di beberapa lokasi untuk melakukan upaya pemadam.

Kebakaran yang pertama kali terjadi di blok N Desa Rawasari, Kecamatan Berbak sejak hari kedua Idul Fitri. Api meluas hingga ke Kecamatan Rantau Rasau dan Kecamatan Dendang.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanjabtimur Zainal Arifin menyebutkan, tim kebakaran hutan dan lahan sejak Minggu (4/9) sudah di lokasi dan menggunakan  peralatan mesin pemadam buatan Swedia dengan panjang selang sepanjang 1.500 meter.

Akibat kebakaran lahan perkebunan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur tersebut, Kota Jambi dan sekitarnya diselimuti dengan kabut asap dan jadwal penerbangan juga sempat ditunda beberapa jam oleh maskapai penerbangan masin-masing sesuai arahan dari pihak bandara.