Disperhutan akan salurkan 472 ribu bibit mahoni

sumber : antaranews.com

19 september 2011

Bitung (ANTARA News) – Dinas Pertanian, Kehutanan dan Tanaman Pangan (Disperhutan) Bitung, akan menyalurkan 472 ribu bibit pohon mahoni untuk ditanam di hutan lindung dan hutan kota, guna menunjang program reboisasi atau penghijauan di daerah itu.

Kadis Pertanian, Kehutanan dan Tanaman Pangan Bitung Bitung, Liesye Macawalang, di Bitung, Minggu mengatakan, penanaman bibit mahoni tersebut untuk menghijaukan Kota Bitung sehingga udara kota akan menjadi lebih segar.

“Saat ini kami telah menyiapkan sedikitnya 472 ribu bibit pohon mahoni, nantinya dibagikan ke masyarakat untuk ditanam dan dipelihara sampai besar,” ujar Macawalang.

Dikatakannya, bibit pohon mahoni tersebut adalah realisasi dana alokasi khusus (DAK) tahun 2010.

Adapun sasaran penanaman bibit pohon mahoni kata Macawalang, di antaranya 22 ribu bibit akan di tanam di hutan rakyat, sedangkan 450 ribu pohon lainnya akan dibagikan ke sembilan kelompok tani (poktan).

“Khusus untuk kelompok tani akan mendapatkan 50 ribu bibit untuk ditanam pada lokasi khusus (Lokus) yang disediakan,” ujarnya lagi.

Selain bibit pohon mahoni kata Macawalang, ada juga tanaman lain yang disiapkan untuk ditanam.

“Jenis pohon itu seperti tanaman serbaguna atau bibit padi dan jagung,” jelasnya.

Lebih lanjut Macawalang menghimbau kepada sekolah-sekolah yang ada di Kota Bitung, dapat melibatkan diri pada kegiatan menanam bibit-bibit pohon tersebut.

“Program menanam pohon ini sudah membudaya, sehingga apresiasi menanam bisa melibatkan anak sekolah, baik dari tingkat SD, SMP maupun SMU sederajat,” harapnya.

Dengan demikian Macawalang mengatakan, ketika pohon yang ditanam ini tumbuh dan berkembang, maka Kota Bitung akan semakin asri, sejuk dan indah. (ANT-239/B013)

Editor: B Kunto Wibisono