Hutan lereng Sindoro terbakar

sumber : antaranews.com

25 September 2011

Wonosobo (ANTARA News) – Kawasan hutan di lereng Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya di petak 21 Resor Pemangku Hutan  Anggrugondok, Minggu, terbakar.

Wakil Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan  Kedu Utara, Sukmono, ketika dihubungi, mengatakan kebakaran hutan terjadi sejak Sabtu (24/9) sore dan hingga Minggu siang api masih berkobar.

Berdasarkan pantauan, terdapat beberapa titik api di kawasan hutan yang terbakar berupa ilalang tersebut.

Sukmono mengatakan, kebakaran terjadi di luar kawasan tanaman hutan berada di atas tegakan berupa padang rumput, saat ini kawasan yang terbakar sekitar 10 hektare.

“Titik api pertama diketahui pada Sabtu sekitar pukul 17.00 WIB, namun di atas Sindoro turun kabut sehingga kebakaran tidak terpantau dengan jelas dan petugas Perhutani berupaya memadamkan api pada Minggu pagi,” katanya.

Ia mengatakan, sekitar 30 petugas Perhutani dari BKPH Wonosobo dan Temanggung memadamkan api dengan cara manual, yakni menggunakan ranting pohon dipukulkan pada kobaran api.

“Duduga kuat api dari perapian yang dibuat para pendaki, karena titik api berasal dari puncak dan kemudian api merambat turun, namun tidak sampai ke tanaman hutan,” katanya.

Lokasi kebakaran tersebut berbatasan dengan petak 10 wilayah RPH Kwadungan, BKPH Temanggung yang pada Juli lalu juga terbakar sekitar empat hektare.
(H018

Editor: Aditia Maruli