Hutan harapan untuk kesejahteraan rakyat

sumber : antara

3 Oktober 2011

 

Depok (ANTARA News) – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan hutan bisa memberikan harapan besar untuk memberikan sumbangsih nyata dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Hampir 67 persen luas daratan Indonesia berupa hutan, tentunya bisa memberikan harapan besar untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Zulkifli usai penanaman pohon di Pesantren Hidayatullah, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Ia mengatakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam dan sekitar hutan antara lain melalui pembangunan Hutran Tanaman Rakyat, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Desa dan Hutan Rakyat Kemitraan.

“Kegiatan pokok program tersebut adalah menanam dan memelihara pohon,” ujarnya.

Menurut dia, nantinya pohon tersebut menghasilkan kayu dan memasok kebutuhan bahan baku kayu untuk industri dan mendorong berkembangnya bisnis rakyat berbasis hutan, khususnya di pedesaan.

Untuk itu pihaknya fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan rakyat pada kelompok masyarakat yang hidupnya tergantung pada sumberdaya hutan. Dalam skala yang lebih luas program juga ditujukan dalam upaya peningkatan kelestarian hutan dalam dan perbaikan lingkungan.
(F006)

Editor: Desy Saputra