Ekonomi Bisnis Finansial Hutan Bakau Ngurah Rai Jadi Percontohan

sumber : mediaindonesia.com

22 Oktober 2011

DENPASAR–MICOM: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, kawasan hutan bakau Ngurah Rai, Bali, dijadikan kawasan hutan mangrove percontohan di Indonesia.

“Kawasan hutan bakau (mangrove) ini sangat rimbun, sehingga sangat tepat dijadikan percontohan di Indonesia,” katanya, saat meninjau hutan mangrove di Denpasar, Sabtu (22/10).

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat dan pemerintah setempat agar tetap menjaga dan mempertahankan kawasan ini supaya lestari.

“Semua elemen masyarakat harus menjaga dan melestarikan hutan ini, demi kelangsungan alam ini. Fungsi hutan bakau banyak sekali di antaranya mencegah abrasi termasuk juga mitigasi dan penangkal tsunami,” katanya.

Dikatakan, luas hutan bakau di Indonesia saat ini 7,7 juta hektare dengan kondisi rusak seluas 3,2 juta hentare atau 41,9 persen.

Sedangkan kondisi yang baik, kata Menhut Zulkifli, seluas 2,4 juta hektare atau 30,7 persen dan kondisi sedang seluas 2,1 juta hektare atau 27,4 persen.

Fungsi dan manfaat ekosistem hutan bakau yang sangat besar. Namun sayangnya, sebagian besar hutan bakau mengalami kerusakan. Dengan kondisi seperti itu, maka Kementerian Kehutanan mempunyai konsep pengelolaan dan rehabilitasi hutan mangrove.

“Hutan mangrove dikelola secara bijaksana dengan pemanfaatan sesuai dengan daya dukungnya, mengkonservasi yang masih baik dan merehabilitasi yang rusak,” ucapnya. (Ant/OL-9)